CARA PERIKANAN ENTOK/MENTOK




Bila bebek umumnya diternak untuk diambil telurnya, jadi mentok ini diternak buat diambil dagingnya. Memang dengan ukuran tubuhnya, pada umur yg sama, maka mentok dapat menghasilkan tambah banyak daging dibanding bebek petelur atau ayam kampung. Terlebih pada mentok jantan yang ukuran tubuhnya dapat sampai sampai 3-4 kali ukuran badan mentok betina.

Kelebihan Budidaya Mentok dibanding dengan Unggas lainnya

Beternak mentok pasti akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal kalau kita mengerjakan teknik budidaya mentok dengan cara intens. Keunggulan beternak entok diantaranya yakni :
Mentok Lebih Cepat Besar
Mentok Lebih Tahan Serangan Virus Penyakit
Mentok Memiliki Harga Jual Lebih Tinggi
Sumber Pakan Mentok bermacam dan Mudah diperoleh
Tehnik Budidaya Lebih gampang
Harga Jual yang Tinggi

Di pedesaan, biasanya petani menternak mentok dengan tradisionil dan belum juga dijalankan trik membudidayakan mentok dengan intensif sehingga akhirnya juga belum optimal. Beternak mentok semestinya berbeda dengan budidaya ayam pedaging bangkok.
tehnik Budidaya Mentok Secara intens
buat bisa mendapat hasil optimal dari beternak mentok, maka sebaiknya anda menyadari metode budidaya mentok dengan cara intensif terlebih dahulu.

1. Membuat Kandang Ternak Mentok
kandang idealSebelum menyiapkan mentoknya, pasti kita mesti membuat kandang mentok lebih dahulu. Kandang mentok dapat anda bikin dengan cara panggung atau beralaskan tanah langsung. Syarat kandang mentok yg baik :

punyai ventilasi hawa yang bagus
memperoleh cukup sinar matahari disaat siang
mempunyai lampu penerangan sekaligus juga buat penghangat
Terlindung dari hujan
ringan dibikin bersih
Dekat dengan kolam atau perairan untuk mandi
Saat membuat kandang yang tak panggung, karena itu bikinlah supaya alas tanah di basic kandang lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan tanah diluar kandang. perihal ini biar air hujan tidak menggenang atau masuk dalam kandang. Anda bisa bikin ventilasi disekeliling kandang dengan kandang menghadap ke timur. anda pun bia memberikan dikit atap kaca (tembus cahaya) pada sisi tengah atap agar cahaya matahari masuk kedalam kandang kala siang hari.

2. Menyiapkan Kolam Pemandian Untuk Mentok
Binatang mentok ini benar-benar sangat suka mandi di perairan seperti sungai, kolam, danau, rawa dll. buat anda yg punyai area didekat dengan perairan seperti yang disebutkan karena itu anda tak perlu repot membuat kolam.

tetapi bagi yang jauh dari perairan maka anda dapat membuatkan kolam dekat dengan tempat kandang. triknya yaitu dengan menggali lubang dengan ukuran kurang lebih 2 x 1 meter dengan kedalaman 30-50 cm. Beri alas kolam dengan terpal atau plastik terus isi dengan air.

Anda bisa pula membuat kolam yg lebih besar apabila mau menternak mentok dalam banyaknya lebih banyak. Kolamnya pun tidak harus sama juga dengan kolam ikan sebagaimana pada budidaya ikan lele.

3. Membuat Pagar di sekeliling Kandang
Arah pembuatan pagar disekeliling kandang ini adalah untuk mempermudah pemantauan kesibukan mentok dan menahan hilangnya mentok. apabila anda membuat kolam sendiri didekat kandang, maka pagari ikut kolam jadi satu dengan kandang.

Ini akan menghambat mentok hilang, mati ditabrak kendaraan, dan dimangsa predator diluar kandang. pakai pagar kelambu atau waring (serupa kelambu).

4. Mensterilkan Kandang dan Kolam
Buat mensterilkan kandang dari virus patogen (penyakit), anda bisa menyemprot kandang dengan desinfektan. dan untuk mensterilkan kolam, anda bisa menggunakan EM4 untuk kolam lewat cara menyiram kolam dengan EM4. Ini akan menekan laju perkembangan bakteri patogen di air kolam.

5. Menyiapkan Anakan Mentok (DOD)
Anakan mentok dapat anda raih dari peternak mentok yang menjual bibit peranaakan mento atau dapat juga anda dapatkan dengan cara penetasan sendiri. buat penetasannya, karena itu anda mesti memperoleh banyak telur mentok dari peternak mentok untuk lalu ditetaskan dengan inkubator supaya semua telur menetas bersamaan.

sehabis didapat peranakan mentok jadi tempatkan mentok dalam kandang tapi disatukan dulu disekitar lampu peghangat serta dipagari dengan pembatas sementara.

Terus kasih pakan sampai berumur 3 – 5 DOD (day of duck) baru bisa dilepaskan keluar kandang untuk berenang dikolam dan sekitar kandang (tetap dalam pagar kelambu). sesudah itu karena itu setelah itu anda harus melakukan perawatan teratur pada mentok ini.

6. Pemberian Pakan Mentok
Buat pemberian pakan pada mentok ini, jumlah pasti harus mengikuti pertambahan usia mentok. yang perlu anda simak yakni konstruksi pakannya.

biar mentok cepat tumbuh besar, maka usahain pakan yg ada beri kaya akan kandungan protein. Cara gampangnya yaitu memakai pur (pelet). tapi pastinya ini akan memerlukan banyak biaya.

Anda masih tetap bisa bikin pakan pilihan dibawah ini.
Alat :
Ember / Bak
Terpal
Alat pencacah
konstruksi :

Air (secukupnya)
Dedak / bekatul (40%)
Nasi kering / ampas kelapa / ampas tempe / ampas tahu / jagung giling (15 – 20%)
bekas sayuran / bekas buah-buahan / bungkil / Indigofera / (15 – 20%)
Rese / teri / ikan kecil / cacing / bekicot (10 – 15%)
EM3 (seperlunya)

Teknik bikin Pakan Ransum Mentok :
Haluskan semua bahan di atas (anda dapat menentukan opsional bahan yang paling gampang anda dapatkan).
Campur beberapa bahan diatas dalam wadah ember atau bak atau jika lebih besar anda dapat memakai terpal
Jangan lupa siram EM3 dan aduk sama rata untuk menguraikan semua bahan diatas.
Tutup adonan ransum tersebut dengan rapat terus diamkan kira-kira 2 minggu aar terurai prima
sehabis 2 minggu jadi mengeluarkan adonan ransum serta jemur diterik siang sampai kering
sekarang ransum siap diperlukan
sistem yang lain ialah dengan pakan cepat saji ialah campuran 40-50% bekatul , 20% nasi kering (opsional lainnya), 15% sisa sayuran (opsional yang lain) dan 15-20% pur (pelet). Campur semua bahan itu dengan air lantas berikan pada mentok.

7. Ukuran Dosis Pemberian Pakan
Buat pemberian pakan dari mula sampai akhir panen anda masih memberikannya 3x sehari. untuk takaran jumlah pakan yang dikasihkan, jadi anda mengikuti umur mentok itu sendiri. Anda perlu meningkatkan porsi pakan setiap minggu atau bahkan juga 5 hari sekali.

tiap-tiap 5 -7 hari anda dapat merubah jumlah pakan dengan meningkatkan seputar 50 – 70% dari jumlahnya pakan minggu sebelumnya. Dan ingat untuk minumnya, anda pun siapkan berbarengan dengan pemberian pakan.

8. Pemberian Vitamin dan Antibiotik
Vitamin serta antibiotik ini utama untuk menaikkan daya tahan badan mentok serta memercepat perkembangan serta perubahan tubuh mentok. buat vitamin serta antibiotik, anda dapat membelinya di toko pertanian setempat.

Atau kalau anda menginginkan antibiotik serta vitamin alami, jadi anda bisa membuatkan jus buah-buahan (pepaya, wortel, labu, dan sebagainya) serta air rebusan parutan jahe serta kunir (temulawak) yg lalu disaring. Pemberian antibiotik dan vitamin ini dikerjakan seputar 2 hari sekali melalui cara di campur pakan atau minum.

9. Pembersihan Lingkungan Kandang
Khusus untuk rutin bersihkan kandang supaya kebersihan dan kesehatan kandang terbangun. perihal ini akan menekan perubahan virus bakteri patogen yang memicu penyakit. Bersihkan ikut peralatan budidaya yang anda gunakan seperti wadah pakan, wadah minuman, dsb. Air pada kolam pun juga mesti anda rubah sangat lama 10 hari sekali.

Setelah dijalankan pembersihan jadi anda dapat menyemprotkan desinfektan atau air detergen yg mampu membunuh virus dan bakteri patogen. Ingat penyemprotan desifenktan mesti diselang-seling memakai bahan aktif yg tidak serupa. umpama 3 kali sekali ditukar type desinfektannya supaya virus tdk menjadi resistant (kebal).

10. Penanggulangan Serangan Penyakit Pada Mentok
Meskipun mentok tergolong tahan penyakit, namun virus ternyata mampu berevolusi dengan sangat kencang contohnya virus flu burung yang sebelumnya H5N1 dengan seiring berjalan waktu berevolusi menjadi H5N5 hingga hewan yg awalnya telah kebal mesti siap-siap untuk bertahan dari serangan virus baru tersebut . Yang dapat kita kerjakan ialah aksi pencegahan serta pengobatan kalau berlangsung gejala serangan penyakit.

mestinya unggas lainnya, entok ini pun mempunyai banyak jadwal penyekit, yang manakah ada yang mematikan atau sekedar hanya mengganggu kesehatan serta perkembangan mentok. Kolera, Korisa, Berak putih, Berak hijau, Mata memutih, Ayan, Lumpuh , Flu Burung H5N5, Salmonelosis, sinusitis, cacar dan lain-lain.

Anda tidak bisa merasa rmeh penyakit-penyakit ini lantaran dapat mematikan mentok sehingga hasil panen mengalami penurunan. Mentok yang sangat rentan terserag penyakit yaitu mentok muda, karena daya tahan tubuhnya belumlah maksimal. Oleh lantaran itu beri tindakan mencegah dengan memberikannya multivitamin dan antibiotik dengan teratur. menjaga ikut kebersihan lingkungan kandang dengan teratur. apabila diperlukan, jadi anda dapat memberikan vaksinasi pada mentok-mentok anda.

bila ditemukan unggas yg sakit, maka anda harus segera mengkarantinanya sehingga penyakitnya tidak lekas menjangkiti mentok yang lainnya. Anda dapat berikan langkah penyembuhan menggunakan obat unggas yang diual di toko pertanian sesuai sama penyakit serta gejala yg disebabkan. Jika ternyata mentok tidak berhasil diobati dan mati maka lekas kubur bangkainya. Anda juga harus lekas menyemprot ruangan kandang serta area karantina menggunakan desinfektan.

11. Panen Mentok
Kalau anda ikuti langkah diatas, karena itu entok akan bakal tumbuh dengan pesat sehingga bisa dipanen pada usia 4,5 bulan. berikut ini usia baik untuk memanen mentok karena tetap cukup muda jadi dagingnya pun nanti dapat masih tetap empuk dan enak.

bila selalu dibiarkan hingga usia lebih dari 5 bulan, jadi mentok telah siap kawin serta dijadikan indukan seterusnya. Daging mentok ini lebih banyak daripada daging ayam kampung sehingga harga jual per ekornya semestinya tambah lebih mahal.

Usahakan biar memisahkan bibit unggul buat jadikan peranakan yaitu yang punyai ukuran tubuh terunggul untuk dipisahkan dan dikawinkan supaya memperoleh keturunan favorit.

12. Persiapan masa Panen Mentok
Anda mesti lekas bersihkan serta mensterilkan kandang mentok dengan desinfektan selesai anda usai memanen mentok. bila anda membibit mentok secara tetasan inkubator, maka anda mesti selekasnya menginkubator telur baru ketika panen agar nanti waktu sudah menetas dapat selekasnya anda isi ke kandang lagi.

tersebut pedoman trik budidaya mentok dengan cara mendalam yang hrus anda pahami sebelum memulai usaha ternak mentok dengan cara sungguh-sungguh.

selesai anda membaca metode budidaya mentok dengan cara intens kami juga memberikan panduan sukses budidaya mentok bagi anda yang pingin beternak mentok agar hasilnya lebih maksimal. berikut panduan suksesnya :

putuskan telur (DOD) mentok yg datang dari mentok yg sehat serta bertubuh besar. Anda dapat memandang indukan dan pejantan yang mengawininya buat menegaskan bibit mentok yng di peroleh
Peliharalah cuma mentok jantan yang mempunyai ukuran badan semakin besar dibanding dengan mentok betina. Anda dapat menyeleksinya ketika kecil atau berusia seputar satu bulan
Pada umur kurang pada 2 – 3 bulan jadi sebaiknya anda merotasi bahan pakan yang digunakan dan usahakan diperbanyak kandungan proteinnya lantaran saat itu perkembangan terjadi sangat cepat.
Anda bisa menggunakan cacing tanah untuk gabungan pakan. karena itu anda mesti menyadari lebih dahulu cara budidaya cacing tanah

Untuk mengirit biaya pakan, jadi anda bisa menanam sendiri sayuran yang gampang ditanam seperti kangkung dan bayam. Sebaiknya anda mengerti terlebih dulu langkah menanam bayam dan trik menanam kangkung.
Jual mentok pada saat mendekati Hari Raya Idul Fitri supaya mendapatkan harga yang tinggi sekali
demikian kabar berkaitan langkah budidaya mentok dengan sungguh-sungguh dari kami. Kami mengharap setelah anda membaca artikel petunjuk langkah budidaya mentok lewat cara intens ini, jadi anda dapat membudidayakan mentok secara terbaik hingga memperoleh untung besar. Anda mungkin saja tertarik buat paham trik membudidayakan ikan nila serta langkah membudidayakan ayam petelur. salam budidaya.

HALAMAN BRANDA

Selamat Datang di ( Cv. Rajawali Bebek Mandiri ) Pusat Bibit Unggul DOC Dan DOD Kualitas Terbaik Dan Terpercaya. Pemesanan Melalui Whatsapp Di : 082-338-688-655
Dapatkan PROMO Gratis Ongkir Keseluruh Wilayah Menggunakan Jasa Kargo Darat/Kereta Api Khusus Pulau Jawa & Jasa Kargo Udara/Pesawat Khusus Luar Pulau Jawa. Bagi Pelanggan Baru Atau Yang Baru Mulai Usaha Ternak (Pemula) Kami Siap Pandu Sampai Berhasil (Panen). Lakukan Pemesanan Sekarang Juga Sebelum PROMO Berakhir. Terima Kasih SALAM SUKSES