TIPS SUKSES CARA BETERNAK


Tips Meracik Pakan Itik/Bebek
Keyword
cara membuat pakan itik
cara membuat pakan itik petelur
cara membuat pakan itik petelur lengkap
cara membuat pakan itik pedaging
cara membuat pakan itik sendiri
cara membuat pakan itik fermentasi
pakan itik petelur buatan sendiri
takaran pakan itik petelur
Didalam budidaya itik pakan merupakan komponen terbesar dari semua biaya yang mencapai 70-75% dari keseluruhan biaya, maka sangatlah wajar bila banyak peternak melakukan upaya untuk menekan biaya pakan dengan cara meracik ransum sendiri, walaupun dipasaran banyak tersedia pakan jadi untuk itik. Meracik Pakan itik bisa dilakukan dengan mencampur sebagian konsentrat dengan bahan pakan lain semisal jagung atau dedak ataupun malah dengan tidak sama sekali menggunakan konsentrat pabrik/self mixing.
Kenyataan dilapangan banyak peternak yang gagal dalam menemukan formula yang tepat untuk ransum itiknya namun tidak sedikit pula yang berhasil walaupun dengan pakan "alakadarnya". Fakta ini menunjukkan bahwa meracik pakan adalah sebuah seni yang rahasia sehingga belum tentu dapat dilakukan oleh semua orang dan tentunya ada syarat ataupun prinsip bagaimana cara meracik pakan itik tersebut.
Walaupun bukan merupakan seorang pakar itik tetapi saya mencoba mengangkat permasalahan ini sebagai bahan acuan diskusi kita sekaligus menjawab pertanyaan banyak peternak mengapa ransum mereka jauh dari standar pakan pabrikkan ataupun tidak memberikan hasil yang optimal jik a digunakan.Tentu saja bahasan ini ditujukan untuk mereka yang telah mengerti cara menghitung nutrisi ransum dan kebutuhan nutrisi untuk itiknya.
Beberapa prinsip yang harus kita terapkan jika membuat ransum sendiri adalah :
1. Kenali Yang Akan Kita Gunakan
Pengenalan akan bahan baku yang akan kita gunakan merupakan bagian terpenting dari pembuatan ransum itik. Setiap bahan mengandung nutrisi yang berbeda, bagaimana kondisinya apakah masih layak digunakan atau tidak, apakah bahan tersebut mengandung anti nutrisi atau tidak, apakah bahan tersebut mudah diperoleh dan tersedia setiap saat?, bagaimana penyajiannnya yang baik dan yang terpenting adalah berapa harganya karena tujuan meracik pakan sendiri adalah harga murah/efesiensi.
Dengan mengenal bahan baku kita dapat memilih yang terbaik untuk ransum kita, semisal kita memilih minyak untuk menaikkan energi metabolismenya pasti kita akan memilih CPO karena CPO mengandung Karoten ( pewarna kuning telur ), ptorein dan mineral lain yang dibutuhkan itik ketimbang minyak goreng biasa.
Dedak rawan tercemar sekam, jagung rawan tercampur janggelnya, tepung ikan rawan tercampur limbah ikan asin dan grit, bungkil kedelai rawan tercampur kulit arinya sehingga proteinnya rendah. Ini Indonesia Bung !!! hahaha
2. Cek Kadar Airnya
Kadar air suatu bahan menentukan jumlah nutrisi per berat bahan yang dapat kita gunakan dan juga umur simpan suatu bahan jika tidak langsung kita gunakan/simpan. Bahan pakan yang memiliki kadar air rendah relatif aman dari mikroorganisme semcam bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penurunan mutu bahan atau bahkan pembusukkan. Pengeringan merupakan upaya untuk menurunkan kadar air suatu bahan sehingga aman dari gangguan mikroorganisme. Kadar air bahan yang baik adalah lebih kecil atau sama dengan 14%. Untuk mengecek kadar air suatu bahan pakan kita dapat menggunakan Grain Moisture.
3. Perkecil Volume Bahan
Memperkecil volume bahan pakan berarti membuat bahan pakan lebih mudah dicerna sekaligus membuat campuran bahan pakan lebih homogen/rata dan juga membuat efesiensi bahan pakan terutama untuk bentuk ransum pakan pellet. Pencernaan unggas berbeda dengan pencernaan hewan bermamah biak dimana unggas memerlukan bahan pakan yang cepat diserap sehingga semakin kecil bahan semakin mudah diserap. Untuk memperkecil volume bahan dapat kita gunakan mesin disk mill ataupun hummer mill.
4. Campurkan Bahan Dengan Rata
Kelemahan ransum buatan sendiri adalah proses pencampurannya yang tidak merata sehingga bila kita ambil suatu bagian kemudian kita bandingkan dengan bagian lainnya akan didapat kandungan nutrisi yang berbeda. Untuk memperkecil ketidakrataan/homogen suatu campuran dapat kita lakukan dengan mencampur bagian yang volumenya terkecil dahulu dengan bagian yang lebih besar berturut turut sampai selesai ataupun dengan menggunakan mixer horizontal.
5. Keseimbangan Sumber Pakan Hewani dan Nabati
Pada dasarnya itik pemakan segala ( omnivora ) sehingga ransum yang kita sediakan pun selayaknya mengandung keseimbangan unsur hewani dan nabati. protein hewani biasanya bernilai mahal namun lengkap kandungan asam aminonya sedangkan protein nabati bernilai murah namun kurang lengkap.
6. Tambahkan Feed Suplemen
Feed Suplement adalah bahan nutrisi tambahan yang diberikan untuk meninggkatkan nutrisi ransum. Mengapa suatu ransum harus diberikan nutrisi tambahan padahal ransum tersebut telah memiliki nutrisi sendiri? karena bisa saja nutrisi tersebut hilang akibat proses kita membuat ransum ataupun jumlahnya tidak cukup untuk kebutuhan itik kita.
Feed suplemen terbagi atas tiga maca yakni :
A. Vitamin 
Vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun sangat penting keberadaannya dalam ransum pakan. Vitamin yang dibutuhkan itik yakni Vitamin A,D,E,K dan Bcomplek dan C
B. Mineral 
Seperti Vitamin mineral juga diperlukan dalam jumlah sedikit namun vital untuk proses metabolisme tubuh itik. Mineral yang dibutuhkan itik diantaranya yakni : Kalsium (Ca), Fosfor (P) dan Trace Mineral seperti : Mangan (Mn), Iron/Besi (Fe), Copper (Cu), Zinc (Zn) Iodine (I) dan Selenium (Se)
C. Asam amino essensial
Asam amino esensial adalah asam amino yang harus ada dalam ransum karena itik tidak dapat mensintesa/memproduksi sendiri. Asam amino essensial pada unggas diantaranya lysin, methionine, threonin dan triptofan.
Dipasaran kini tersedia feed suplement yang mengandung vitamin, mineral dan asam amino semisal premik, top mix, ataupun assa mik dll.
7. Tambahkan Feed Additive
Feed Additive adalah tambahan bahan pakan yang bukan merupakan sumber nutrisi tetapi mampu memperbaiki kualitas ransum.
Contoh feed additive adalah:
A. Antibiotik
Antibiotik digunakan menekan pertumbuhan mikroorganisme merugikan sehingga penyerapan ransum dapat optimal. Sekarang penggunaan antibiotik dikurangi atau bahkan dilarang karena efek negatifnya untuk manusia.
B. Probiotik 
probiotik merupakan terobosan baru yang sedang booming ditambahkan dalam bahan ransum karena sifatnya yang dapat meningkatkan mutu ransum.
C. Enzim 
Enzim yang sering digunakan adalah enzim phytase dan enzim xylanase, serta enzim lumbrokinase. Enzim phytase memecah asam fitat (anti nutrisi) pada bahan pakan sehingga protein, mineral dapat digunakan. Enzim xylanase mendegradasi polisakarida, hemiselulosa ( serat kasar) dalam bahan pakan, Sedangkan Lumbrokinase adalah enzim dari cacing tanah yang digunakan untuk perbaikan imunitas itik.
D. Mold Inhibutor
Merupakan bahan pakan yang ditambahkan untuk menghambat pertumbuhan jamur. Mold Inhibutor yang umum dipakai adalah asam propionat dan benzoat.
E. Toxin Binder
Toxin binder mengikat racun yang dikeluarkan oleh jamur dan sejenisnya kemudian dikeluarkan bersama feses.
8. Uji Ransum Dengan Praktek Lapangan
Sebaik apapun suatu formula hasil lapanganlah yang membuktikannya , untuk itik petelur sebaiknya pakan diuji dengan sedikit sample dan jumlah itik saja karena sifat itik yang kolot akan perubahan pakan.
Demikianlah beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam meracik ransum sendiri..ada yang mau menambahkan?

HALAMAN BRANDA

Selamat Datang di ( Cv. Rajawali Bebek Mandiri ) Pusat Bibit Unggul DOC Dan DOD Kualitas Terbaik Dan Terpercaya. Pemesanan Melalui Whatsapp Di : 082-338-688-655
Dapatkan PROMO Gratis Ongkir Keseluruh Wilayah Menggunakan Jasa Kargo Darat/Kereta Api Khusus Pulau Jawa & Jasa Kargo Udara/Pesawat Khusus Luar Pulau Jawa. Bagi Pelanggan Baru Atau Yang Baru Mulai Usaha Ternak (Pemula) Kami Siap Pandu Sampai Berhasil (Panen). Lakukan Pemesanan Sekarang Juga Sebelum PROMO Berakhir. Terima Kasih SALAM SUKSES