PAKAN ALTERNATIF UNTUK PETERNAK BEBEK DAN ITIK PEDAGING ATAU PETELUR


Pemberian pakan alternatif pada ternak bebek/itik baik itu pedaging maupun petelur merupakan hal biasa di lakukan oleh sebagian peternak, jika bebek di beri pakan komersial sepanjang hidupnya, tentu biaya pakan akan relatif tinggi.
Pakan alternatif pada ternak bebek biasanya dapat diperoleh peternak di dekat lokasi budidaya.
Adapun pakan alternatif yang dapat diberikan untuk ternak bebek/itik antara lain :
Dedak /Bekatul
Dedak/bekatul merupakan hasil dari proses penggilingan padi,dedak kaya akan karbohidrat sebagai sumber energi.
Bobot dedak berkisar antara 10% dari total berat padi.
Bekicot
Bekicot segar mengandung protein sekitar 15%, bekicot dapat di gunakan sebagai sumber protein pada budidaya bebek/itik.
Bekicot biasa di berikan secara langsung dengan menghancurkan bagian cangkang nya dan laangsung di berikan sebagai pakan untuk bebek.
Selain itu pemberian pakan dengan bekicot juga dapat berbentuk tepung bekicot.
Cara membuat tepung bekicot, pada pembuatan tepung bekicot dapat menggunakan bekcot mentah dan bekicot rebus, pertama pisahkan bekicot dengan cangkangnya, kemuadian bekicot di keringkan lalu digiling,
Kandungan protein pada tepung bekicot lebih tinggi, di bandingkan dengan bekicot segar.
Singkong
Singkong biasanya mudah dijumpai hampir di setiap daerah, dan dengan harga yang relatif murah.
Singkong dapat di jadikan pakan alternatif pada ternak bebek/itik, bagian singkong yang dapat digunakan sebagai pakan adalah umbinya.
Pada umbi singkong terdapat kadar sianida, sebagian besar kadar sianida tersebut terdapat pada kulitnya, proses pengupasan kulit perendaman dan pengeringan sebelum di jadikan tepung dapat mengurangi kadar sianida tersebut.
Tepung singkong atau gaplek mempunyai karbohidrat yang cukup tinggi, bahkan hampir menyamai jagung, meskipun minim protein
Keong Mas/Siput Murbey
Keong mas/siput Murbey dapat di jadikan pakan alternatif untuk bebek.
Namun pemberian pakan dengan keong mas dianjurkan memberiakan keong mas yang sudah direbus.
Keong mas memilki lendir jika pemberian pakan dengan keong mas dalam bentuk segar dapat memberikan dampak negatif terhadap itik, karena lendir pada keong mas terdapat suatu zat anti nutrisi yang dapat menghambat pertumbuhan itik.
Zat anti nutrisi tersebut dapat berkurang/hilang setelah keong mas di rebus 15-20 menit.
Ikan rucah
Ikan rucah dapat digunakan sebagai sumber protein pada budidaya bebek/itik, Ikan ini biasanya banyak terdapat di pelelangan-pelelangan ikan di berbagai daerah.
Cangkang Udang
Sama halnya dengan ikan rucah, cangkang udah juga merupakan sumber protein dan dapat di jadikan pakan alternatif untuk bebek/itik.
Cangkang udang kepala dan kulitnya merupakan limbah yang banyak di jumpai di daerah-daerah yang mempunyai pabrik kerupuk udang, dan pengolahan serta penampunganudang untuk ekspor.
Pemberian pakan alternatif cangkang udang dengan ikan runcah akan saling melengkapi kebutuhan protein jika di berikan bersama-sama.
Nasi Kering
Di sebagia daerah, nasi kering biasa di jadikan pakan tambahan untuk bebek/itik, namun sebelumnya nasi kering tersebut di beri air, agar lebih mudah di konsumsi.
Nasi kering biasa di jadikan sebagai sumber energi.
Pakan Hijauan
Pakan hijauan berupa dedaunan hijau yang masih segar yang di berikan langsung sebagai pakan untuk bebek/itik setelah di cacah terlebih dahulu
Pakan hijauan yang dapat di berikan untuk bebek/ itik antara lain , bayam, kangkung, sawi, kubis ,daun eceng gondok, azola maupun genjer.
Pakan hijauan merupakan salah satu komponen pakan yang memasok kebutuhan serat bagi bebek atau itik
Pakan ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan , selain itu pakan hijauan juga memasok kebutuhan vitamin dan mineral untuk bebek/itik , biasanya bebek/ itik dewasa di beri pakan hijauan sebanyak 4 kg/hari

Pakan alternatif pada ternak bebek/itik, baik digunakan sebagai tambahan pada pengunaan pakan komersial, agar pemberian pakan lebih beragam

Sekian catatan kami kali ini… semoga bermanfaat…

HALAMAN BRANDA

Selamat Datang di ( Cv. Rajawali Bebek Mandiri ) Pusat Bibit Unggul DOC Dan DOD Kualitas Terbaik Dan Terpercaya. Pemesanan Melalui Whatsapp Di : 082-338-688-655
Dapatkan PROMO Gratis Ongkir Keseluruh Wilayah Menggunakan Jasa Kargo Darat/Kereta Api Khusus Pulau Jawa & Jasa Kargo Udara/Pesawat Khusus Luar Pulau Jawa. Bagi Pelanggan Baru Atau Yang Baru Mulai Usaha Ternak (Pemula) Kami Siap Pandu Sampai Berhasil (Panen). Lakukan Pemesanan Sekarang Juga Sebelum PROMO Berakhir. Terima Kasih SALAM SUKSES