JUAL ENTOK MURAH KOTA PASURUAN JATIM

BUDIDAYA UNGGAS MENTOK / ENTOK




Salam ternak gan, hari ini saya akan share pengalaman ane tentang budidaya unggas mentok/entok.
mentok adalah ras unggas yang paling kuat dan tahan dari penyakit. perawatan dan pemeliharaannya juga sangat mudah. hari ini akan saya share untuk anda semua, sebelum saya share pengalaman ane. perkenalkan dulu saya Arif dari Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. saya seorang peternak yang sampai sekarang Alkhamdulillah ada beberapa jenis hewan ternak yang saya budidaya. dari Mentok, Ayam, Burung, Kelinci, dan Kambing. 

Bagi agan yang minat membeli Mentok bisa Hub. sms/telp/WA-082-338-688-655

Cara budidaya mentok/entok hampir sama dengan peternakan jenis itik lainnya. Bahkan, bebek entok ini lebih mudah dikembangkan karena bisa diternak di belakang rumah Anda. Tidak harus dilakukan jauh dari pemukiman karena bau kotorannya yang sangat mengganggu. Ternak entok ini memiliki keuntungan dalam hal modal, perawatan, dan keuntungan yang melimpah. Jika Anda penasaran dengan cara dan tips melakukan usaha
rumahan ternak untuk jenis unggas satu ini, kami akan mengulasnya untuk Anda.


1. Pertama, persiapan kandang

Kandang menjadi tempat tinggal untuk bebek entok Anda. Maka dari itu, harus disiapkan dengan cukup matang. pembuatan kandangnya sangat mudah, Anda hanya perlu tempat makan di dalam kandang dengan ketinggian kandang yang cukup tinggi dan dibuat dari jaring dipadukan dengan bambu. Ketinggian kandang ini dimaksudkan agar bebek tidak terbang dan lari dari kandang. Kemudian, kandang yang terbaik untuk anak entok adalah kandang battery. Anak entok ini biasa disebut juga meri.

Kedua, pakan dan perawatannya

Dalam kandang battery, tempat meri bersama dengan induknya selama 1 hingga 2 hari. Tujuannya adalah agar meri dapat menyesuaikan diri dengan cara memakan pakan yang Anda siapkan. Induknya akan secara alami mengajari anaknya. Jangan lupa untuk melengkapi kandang battery dengan lampu yang memiliki daya 5 hingga 10 watt. Kemudian di dalam kandang tersebut masukkan juga wadah minum karena mereka senang dengan nyosor atau makan. Soal pakan, bebek entok senang sekali dengan makanan. Bahkan, induk entok bisa makan setengah kilogram dedak.
Cara ternak entok ini bisa dikatakan mudah karena entok tidak banyak pilihan dalam pakanannya. Sangat mudah mencari pakan untuk bebek satu ini. Seperti dedak, bekatul, dan yang lainnya. Bahkan entok juga mau memakan sayuran, jagung, dan yang lainnya.

Ketiga, vaksinasi

Perawatan entok tidak hanya dilakukan untuk pakannya saja, lebih dari itu, Anda harus memperhatikan bagaimana tingkat kesehatan dari bebek yang Anda kembang biakkan. Akan sangat baik jika bebek entok ini divaksinasi agar kebal terhadap penyakit. Meski dibanding bebek lain, entok dikenal memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat, akan sangat baik jika dikasih vaksin untuk menangkal pilek. Karena satu-satunya virus yang mudah terjangkit adalah virus flu dan pilek, vaksin Vitachicks bisa jadi pilihan.

Keempat, cara memberi pakan

Berikut ukuran dan waktu memberi makanan yang bisa Anda terapkan menurut artikel.web.id;
  1. Usia 1 sampai 2 minggu dikasih makan konsentrat starter
  2. Campurkan konsentrat starter dengan pakan induk untuk Minggu selanjutnya
  3. Induk entok bertelur setelah 1 bulan dipisahkan dari anaknya (disapih)
  4. Entok sendiri bisa bertelur setelah masa pengeraman 35 hari dan 2 atau 3 minggu
Agar nafsu makan entok stabil, dalam usaha budidaya mentok / entok yang baik Anda disarankan untuk menyediakan pakan tanpa air.
Sekian dulu ya gan, terima kasih udah mampir.. baca juga tulisan ane gan, Bagaimana Cara Budidaya Kambing Jawa/Kacang.

HALAMAN BRANDA

Selamat Datang di ( Cv. Rajawali Bebek Mandiri ) Pusat Bibit Unggul DOC Dan DOD Kualitas Terbaik Dan Terpercaya. Pemesanan Melalui Whatsapp Di : 082-338-688-655
Dapatkan PROMO Gratis Ongkir Keseluruh Wilayah Menggunakan Jasa Kargo Darat/Kereta Api Khusus Pulau Jawa & Jasa Kargo Udara/Pesawat Khusus Luar Pulau Jawa. Bagi Pelanggan Baru Atau Yang Baru Mulai Usaha Ternak (Pemula) Kami Siap Pandu Sampai Berhasil (Panen). Lakukan Pemesanan Sekarang Juga Sebelum PROMO Berakhir. Terima Kasih SALAM SUKSES